Asal mula
Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II
Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan
kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai
situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua
foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini
akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”.
Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg
berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara
keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1
Saking nekatnya,
Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan
foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka
selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi
kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun
ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg
membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir
situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak
menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas
bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga
akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada
semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg
membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com.
Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku
upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar
civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol.
Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu
saja”.2
Saat pertama kali
diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard
saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya
sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu.
Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim
thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin
Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris
Hughes.
Bulan maret 2004,
thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston,
AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale,
dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar
penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004,
Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto,
California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D’Angelo dan
Sean Parker.

Pertengahan 2004,
thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari
salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005,
thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan
Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi
membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan
sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama
mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005
ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan
pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko,
Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati
jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006,
Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga
USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun
kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat
suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel,
Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang
sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan
tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006,
Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua
pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September
2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai
USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan
bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook.
Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom,
Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di
Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran
akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong
Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.
2008
Pada Agustus
2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut
menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook
berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook
kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan
kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini
kemudian akan menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat
berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil
pribadi.
Situs Facebook
mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya.
Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya
bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga
saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara
default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh
sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti
dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah
mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah
sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam
jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet
marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang
dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal
tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan
Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan
Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan
fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja
sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki
sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah
fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan
pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara
virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang
menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook
mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan, aplikasi,
dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang diizinkan hanya
teks saja.
Seiring
perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam
situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran News
Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari
masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa
dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa
pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini
pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News
Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.
Fitur
Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna
bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger,
dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook
meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di
mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung
dan real time.
Fitur
‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur
untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1
dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan
secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur
serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008,
Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding,
info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook
merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007,
Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para
pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di
Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software
sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah
pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar